Fashion Design Drawing Book

Rekomendasi Mainan Anak Perempuan Usia 1-3 Tahun

Anak-anak membutuhkan mainan yang berbeda seiring bertambahnya usia. Misalnya, untuk anak perempuan usia 1-3 tahun, harus menerima mainan yang dapat mengasah kreativitas, mendorong imajinasi dan keterampilan mereka.

Nah, berikut ini rekomendasi mainan edukasi untuk anak perempuan usia 1-3 tahun yang bisa menjadi pilihan Mama. 

1. Puzzle

Mainan puzzle memang tidak pernah ketinggalan zaman, bahkan sampai ini pun anak-anak masih suka bermain puzzle. Mainan untuk anak perempuan ini dapat mendukung perkembangan anak dalam berbagai cara. 

Saat anak bermain puzzle, si Kecil memanfaatkan keterampilan dalam memecahkan masalah, koordinasi antara mata dan tangan, keterampilan motorik halus, pengenalan bentuk, ingatan, serta melatih kecerdasan spasialnya. 

Sebagai permulaan, Mama dapat memberikan puzzle dengan kepingan yang besar dan lebih sedikit terlebih dulu. Jika si Kecil mulai mahir, berikan puzzle dengan kepingan yang lebih lebih banyak.

2. Main Masak-masakan

Masak-masakan termasuk ke dalam jenis pretend play, Ma. Mainan untuk anak perempuan ini dapat mendorong keterampilan sosial dan emosional, belajar bersosialisasi, mengasah imajinasi, dan menambah kosakata anak balita

Mama bisa bermain dengan anak, berpura-pura untuk minta dibuatkan semangkuk sup ayam, misalnya. Nantinya si Kecil akan berpura-pura memasak sup ayam dengan perlengkapan mainannya, dan disajikan ke Mama.

3. Meronce Manik-Manik

Anak perempuan pasti menyukai mainan meronce manik-manik ini, Ma. Permainan meronce memiliki banyak manfaat untuk si Kecil, yaitu:

  • Mengembangkan keterampilan motorik halus
  • Mendorong koordinasi antara mata dan tangan
  • Melatih konsentrasi anak saat memasukkan manik-manik ke dalam benang. 

4. Bongkar Pasang Boneka Kertas

Mungkin ketika Mama masih kecil, pernah bermain bongkar pasang boneka kertas. Permainan bongkar pasang dapat mengasah perkembangan kreativitas dan imajinasi si Kecil. 

Dua keterampilan tersebut penting untuk bisa memecahkan masalah yang kompleks dan menemukan solusinya. Mainan bongkar pasang tentu disukai anak perempuan, Ma, mereka bebas berkreasi mengganti pakaian boneka kertas sesuai dengan keinginannya. 

5. Alat Musik Mainan

Selanjutnya, mainan edukasi yang cocok untuk anak perempuan yaitu alat musik mainan. Permainan ini dapat mendorong keterampilan mendengarkan dan motorik halus anak serta membantu mengasah keterampilan atensinya. 

Selain itu, alat musik mainan juga dapat mendorong kecerdasan musikal pada anak. Bahkan, bisa mengasah bakat si Kecil di bidang musik.

6. Boneka Bayi

Anak perempuan pasti suka jika diberikan mainan boneka bayi, Ma. Meski terlihat sederhana, mainan ini memberikan banyak manfaat untuk anak perempuan. 

Boneka bayi termasuk pretend play yang membantu perkembangan sosial dan emosional dengan mengajari anak cara mengekspresikan emosi dan menjaga sesuatu yang mereka sukai.

Nantinya, si Kecil akan berpura-pura memberi makan, menggendong, memberi minum bonekanya itu. Mainan anak perempuan ini juga dapat mengasah kemampuan berbahasa anak, Ma, karena saat memainkannya si kecil biasanya melakukan monolog.

7. Sepeda Roda Tiga

Mengendarai sepeda adalah salah satu aktivitas yang dinikmati sebagian besar anak. Manfaat sepeda untuk anak sangat banyak, Ma, seperti mendorong koordinasi dan keseimbangan, melatih rasa percaya diri, dan mendorong kemandiriannya. 

Jika si Kecil berusia 1-3 tahun, Mama bisa memberikan sepeda roda tiga sebagai permulaan. Jadi, memberikan mainan sepeda pada anak perempuan tidak hanya menyenangkan hatinya, tapi juga mendukung kemampuan fisik tubuhnya. 

8. Mainan Berkebun

Berikan seperangkat mainan berkebun dan ajak si Kecil untuk menyirami bunga atau menanam. Mainan untuk anak perempuan ini bisa mengajarkan anak keterampilan baru, dan mengembangkan rasa percaya diri saat menghabiskan waktu di taman. 

Mama juga bisa mendorong kemampuan penalaran (reasoning) pada anak. Ajarkan si Kecil tentang sebab dan akibat, misalnya tanaman akan mati jika tidak disiram. 

9. Balok Susun Pelangi

Balok susun pelangi berisi tujuh potongan kayu berwarna. Jika digabungkan balok tersebut akan menjadi warna pelangi. Potongannya berbentuk melengkung dan berbeda ukuran.

Mainan untuk anak perempuan ini dapat mendorong imajinasi dan kreativitas anak, Ma. Selain itu, balok susun pelangi juga melatih fokus anak untuk dapat menyelesaikan permainannya.

10. Gunting dan Menempel Origami

Aktivitas gunting dan menempel origami bisa menjadi pilihan mainan untuk anak perempuan, Ma. Caranya adalah dengan menggunting kertas origami menjadi berbagai bentuk, seperti segitiga, lingkaran, atau kotak.

Setelah itu, tempel potongan origami pada karton bergambar. Permainan gunting dan tempel dapat mendorong perkembangan motorik halus, melatih otot-otot di tangan, serta mengasah koordinasi tangan dan mata anak.

11. Main Sortir Warna

Jika Mama ingin mengenalkan warna pada anak, bisa memberikannya permainan ini. Mainan untuk anak perempuan ini dapat mendorong koordinasi antara mata dan tangan, dan meningkatkan kemampuan berbahasa pada si Kecil. 

Pilihlah warna dasar terlebih dahulu, seperti merah, biru, kuning agar anak tidak bingung dan kesulitan untuk menyortir warna.

Nah, itu dia beragam mainan edukasi untuk anak perempuan usia 1-3 tahun yang bisa Mama pilih. Jadi, mau berikan mainan yang mana untuk si Kecil?

https://www.nutriclub.co.id/artikel/stimulasi/1-tahun/mainan-anak-perempuan

https://www.nutriclub.co.id/artikel/stimulasi/1-tahun/mainan-anak-perempuan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top